5 Tips Untuk Mengamankan Smartphone Anda

5 Tips Untuk Mengamankan Smartphone Anda

Dengan penggunaan smartphone yang terus meningkat, Anda harus mempertimbangkan masalah keamanan. Smartphone seperti komputer mini. Mereka memiliki kemampuan untuk menyimpan data yang dapat diakses melalui email, aplikasi web berbasis cloud, atau semacam penyimpanan memori internal atau eksternal.

Ponsel cerdas sangat berharga dan Anda harus memikirkan apa yang akan terjadi jika perangkat seluler Anda jatuh ke tangan yang salah. Berikut adalah lima tips tentang cara mengamankan ponsel cerdas Anda

1. Gunakan perlindungan kata sandi

Sangat mudah untuk mengatur perlindungan kata sandi di ponsel Anda. Ini mungkin di bawah pengaturan keamanan ponsel Anda. Jika Anda tidak dapat menemukan opsi, periksa online atau manual telepon Anda untuk melihat cara mengaktifkannya. Kebanyakan orang melindungi komputer mereka dengan kata sandi tetapi mereka tidak merasa membutuhkan perangkat seluler, tetapi ini adalah langkah keamanan pertama yang harus Anda ambil.

2. Hapus data ponsel dari jarak jauh

Setelah Anda mengamankan ponsel Anda dengan kata sandi atau kode sandi, Anda mungkin masih ingin melindungi lebih lanjut data yang disimpan di ponsel Anda menggunakan penghapusan jarak jauh. Penghapusan jarak jauh akan menghapus data di ponsel Anda dan mengembalikan semua pengaturan pabrik. Ini bukan sesuatu yang ingin Anda lakukan kecuali Anda yakin telah kehilangan ponsel Anda.

Untuk mengatur pemindaian jarak jauh jika Anda memiliki iPhone, Anda harus mendaftar untuk mendapatkan akun berbayar dengan MobileMe. Maka Anda harus mengatur telepon Anda untuk mengaktifkan pemindaian jika Anda membutuhkannya. Ponsel Android yang menjalankan 2.2 memiliki fitur penghapusan jarak jauh, tetapi Anda juga memerlukan Exchange. Karena pemindaian jarak jauh dengan Exchange hanya dapat dilakukan oleh administrator Exchange, opsi terbaik adalah menggunakan aplikasi Mobile Defense. Ini adalah aplikasi gratis dari Android Marketplace yang memungkinkan Anda memindai dari situs web Mobile Defense.

Jika ponsel Anda menggunakan ponsel Windows 7, ponsel dapat dihapus dari jarak jauh menggunakan Outlook Web Access.

3. Jangan simpan data sensitif

Jika Anda menggunakan ponsel untuk mengakses perbankan online atau masuk ke semua situs favorit Anda, jangan atur ponsel cerdas Anda untuk mengingat kata sandi secara otomatis. Jika ponsel Anda hilang atau diambil oleh orang lain, akun Anda dapat diakses dengan mudah.

Banyak rumah dan alamat orang disimpan di ponsel mereka, dan informasi ini dapat digunakan secara curang jika ponsel Anda hilang atau dicuri. Namun, dengan menggunakan kata sandi atau alat penghapusan jarak jauh, seperti yang dijelaskan di atas, Anda dapat mencegah kebocoran data Anda.

4. Tonton apa yang Anda klik

Ponsel cerdas seperti komputer dapat terpengaruh oleh malware, virus komputer, dan penipuan phishing. Jika Anda menerima email atau SMS yang mencurigakan, jangan klik tautan apa pun, seperti yang Anda lakukan di komputer. Penipuan phishing dapat digunakan untuk mencuri kata sandi dan informasi penting Anda dan seringkali dengan cerdik menyamar sebagai dari bank Anda.

5. Hati-hati dengan apa yang Anda instal

Jika Anda mengunduh atau memasang aplikasi baru, pastikan itu berasal dari sumber tepercaya. Manfaat smartphone adalah ada ribuan aplikasi dan game yang tersedia untuk memperluas fungsionalitasnya. Gunakan hanya toko aplikasi resmi jika tidak, Anda mungkin menemukan beberapa kode berbahaya yang disuntikkan ke dalam aplikasi Anda yang akan menularkan virus ke ponsel Anda.