Beranda

KEMENTERIAN NEGARA KOPERASI DAN UKM

Isi Syndicate
Website Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia
Updated: 7 jam 54 menit lalu

Koperasi dan UKM akan Dibantu Hadapi MEA 2015

Wed, 04/16/2014 - 10:59

JAKARTA—Pemerintah merancang kemudahan bagi pelaku koperasi, usaha mikro dan kecil untuk menciptakan iklim kondusif menghadapi pasar tunggal Asean atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.

Agus Muharram, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, mengatakan banyak hal yang akan diterima pelaku koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM) dari kebijakan yang dirancang menyongsong MEA.

”Kemudahan yang kami maksud berupa dukungan permodalan usaha

Categories: Koperasi

Kemenkop & BNS Kurangi Biaya Untuk UKM

Wed, 04/16/2014 - 10:30

JAKARTA — Badan Nasional Sertifikasi Indonesia bersama Kementerian Koperasi dan UKM sepakat memberi solusi terbaik untuk mengurangi beban biaya pelaku usaha mikro, kecil dan menengah guna mendapatkan sertifikasi terkait aktivitas usaha mereka.

Ketua Lembaga Badan Nasional Sertifikasi (BNS) Indonesia, Bambang Prasetya, mengemukakan hal itu atas desakan Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan yang meminta agar beban pelaku usaha mikro,kecil dan menengah (UMKM) ditanggung negara.

”BNS pasti berupaya mengakomodir keinginan tersebut,

Categories: Koperasi

APEC Angkat Program dari 5 Negara untuk Dorong Potensi UKM

Tue, 04/08/2014 - 10:31

JAKARTA - Forum Asia Pacific Economic Cooperation sepakat mengangkat program yang dimiliki lima negara Asia dijadikan sebagai agenda peningkatan kapasitas pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di seluruh negara anggotanya. Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya KUMK Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring, mengemukakan, kesepakatan itu ditetapkan pada Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) 2014 di Taichung, Taiwan (24-28 Maret  2014).

Categories: Koperasi

Poin Penting Pertemuan Kelompok Kerja APEC untuk UKM

Tue, 04/01/2014 - 14:19

JAKARTA—Asia Pacific Economic Cooperation Small Medium Entreprise Working Group 2014 menghasilkan poin penting untuk diimplementaskan bagi keperluan pelaku usaha sektor riil di masing-masing negara anggotanya.

Meliadi Sembiring, Deputi Bidang Pengekajian UKMK Kementerian Koperasi dan UKM, mewakili Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan, pada Asia Pacific Economic Cooperation Small Medium Entreprise Working Group (APEC-SMEWG), mengatakan kesepakatan itu untuk memperkuat kerja sama lebih baik.

”Satu di antaranya untuk ketahanan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) menghadapi

Categories: Koperasi

FINANCIAL INCLUSION: Terbukti Mampu Efisiensikan Koperasi & Usaha Kecil

Tue, 04/01/2014 - 14:15

JAKARTA - Program financial inclusion (fasilitasi keuangan) di Tanah Air oleh berbagai kalangan masih dianggap sebagai paradigma atau konteks kecil untuk melakukan pembiayaan pembiayaan usaha terhadap pelaku usaha mikro.

Padahal dalam implementasinya, sudah mencakup kegiatan yang bisa menjadi salah satu infrastruktur pemasaran secara online serta sebagai perlindungan untuk transaksi keuangan.

Financial inclusion saat ini tengah

Categories: Koperasi

Pameran Produk, 100 UKM Ramaikan IFA Fest 2014

Fri, 03/21/2014 - 09:43

JAKARTA—Sejumlah 100 pelaku usaha kecil dan menengah meramaikan Indonesian Fashionista and Art Festival (IFA Fest) 2014 yang memamerkan berbagai produk unggulan di Exhibition Hall Gedung SME Tower Jakarta Selatan.

Acara yang dimulai Kamis (20/3/2014) Maret dan berakhir pada Minggu (23/03) hasil kerja sama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (LLP-KUKM) dengan PT. Pelangi Global Perkasa yang sebagai event organizer (EO).

Direktur Utama LLP-KUKM, Ahmad Zabadi mengemukakan

Categories: Koperasi

Usaha Kecil Harus Responsif terhadap Perubahan

Fri, 03/21/2014 - 09:29

JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM mengingatkan supaya koperasi dan usaha kecil dan menengah produktif menciptakan produk kreatif berciri khusus untuk merespons kebutuhan  konsumen yang cepat berubah.

Agus Muharram, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, menegaskan itu pada pembukaan Indonesian Fashionista & Art Festival (IFA FestT 2014) di Gedung SME Tower, Jakarta Selatan yang dimulai Kamis (20/3/2014) hingga akhir pekan ini.

”Untuk itu, pelaku bisnis berbadan hukum koperasi dan usaha kecil menengah (KUKM) harus

Categories: Koperasi

LLP-KUMKM Siap Jadi Buyer Agent Produk Unggulan

Thu, 03/20/2014 - 10:46

JAKARTA — Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah menargetkan pada 2017 akan menjadi buyer agent produk unggulan untuk pasar lokal maupun internasional.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LLP-KUMKM), Ahmad Zabadi, mengemukakan sebelum mencapai target itu, ada beberapa fase yang harus dilalui atau dicapai.

Pada tahun ini misalnya, LLP-KUMKM bertekad menjadi

Categories: Koperasi

Pemerintah Alokasi Rp60 Miliar Untuk Pengembangan Wirausaha

Thu, 03/20/2014 - 09:26

JAKARTA — Kementerian Koperasi dan UKM pada tahun mengalokasikan dana sebesar Rp60 miliar untuk mengembangkan program kewirausahaan untuk meningkatkan jumlah wirausaha Indonesia mencapai 2% dari populasi penduduk.

Prakoso Budi Susetio, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan UKM, menjelaskan  hal itu saat membukan acara pemasyarakatan dan pemahaman koperasi melalui gerakan kewirausahaan nasional (GKN), di Medan, Sumatera Utara, Senin (17/03).

"Indonesia masih membutuhkan wirausaha-wirausaha baru

Categories: Koperasi

Indonesia Berbagi Pengalaman One Village One Product

Thu, 03/20/2014 - 09:17

JAKARTA — Indonesia berbagi pengalaman dengan negara-negara anggota Asia Tenggara untuk mengoptimalkan program dengan pendekatan one village one product untuk meningkatkan peranan ekonomi perdesaan.

Meliadi Sembiring, Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya KUMK Kementerian Koperasi dan UKM, mengatakan one village one product (OVOP) telah terbukti  berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat perdesaan yang tergabung dalam program itu.

”Gerakan OVOP dalam bahasa asli Jepang

Categories: Koperasi

SDM Koperasi & UKM Dapat Diklat Manajerial

Mon, 03/17/2014 - 09:21

JAKARTA—Pemerintah terus menggalakkan program peningkatan kualitas SDM koperasi dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah melalui pelatihan keterampilan teknis, vocational serta ketrampilan teknis dan manajerial.

Selain itu masyarakat terkait dengan gerakan perkoperasian juga ditingkatkan kualitas SDM-nya. Total SDM yang akan menerima peningkatan kapasitas itu, Jumat (14/03) sebanyak 330 orang yang berasal dari Solo, Sragen, dan Karanganyer.

Prakoso Budi Susetio, Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM, menjelaskan,

Categories: Koperasi

Kemenkop Sediakan Rp66,382 miliar untuk Produktivitas Koperasi dan UKM

Fri, 03/14/2014 - 09:34

JAKARTA – Kementerian Koperasi dan UKM menganggarkan dana senilai Rp66,382 miliar untuk penguatan kapasitas produksi yang dilakukan oleh koperasi dan usaha kecil menengah (UKM) pada 2014.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, pagu anggaran 2014 untuk bidang produksi tersebut terdiri dari bantuan sosial senilai Rp45,2 miliar, dan anggaran fasilitasi senilai Rp21,16 miliar.

Bantuan sosial dialokasikan

Categories: Koperasi

LPDB-KUMKM Siap Kucurkan Dana Bergulir Rp2,650 triliun

Thu, 03/13/2014 - 11:11

JAKARTA - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LPDB-KUKM) menargetkan penyaluran dana bergulir pada tahun ini sebesar Rp2,650 triliun, melonjak 47,22% dibandingkan dengan capaian pada tahun lalu Rp1,801 triliun.

Berdasarkan dokumen data LPDB-KUMKM, dana bergulir tersebut akan dilakukan kepada sedikitnya 198.565 UMKM,  melalui 628 koperasi, dan 369 lembaga nonkoperasi. “Pencapaian kinerja minimal realisasi penyaluran dana bergulir sebesar 80% dari target.”

Adapun tingkat

Categories: Koperasi

Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Thu, 03/13/2014 - 10:48

JAKARTA — Sembilan unit pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro yang difasilitasi Kementerian Koperasi dan UKM di berbagai daerah perdesaan, terbukti mampu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat melalui pengelolaan usaha kelistrikan.

Deputi Bidang Produksi Kementerian Koperasi dan UKM, I Wayan Dipta, mengemukakan meski kapasitas tenaga listrik dari masing-masing unit belum terlalu besar, akan tetapi mampu mendongkrak perekonomian masyarakat dan anggota koperasi sebagai pengelola.

”Dari beberapa unit yang sudah beroperasi,

Categories: Koperasi

Lembaga Pengawas Koperasi Simpan Pinjam Segera Dibentuk

Wed, 03/12/2014 - 09:55

JAKARTA—Lembaga pengawas koperasi simpan pinjam sesegera mungkin akan terbentuk  dan rencananya beroperasional pada tahun ini sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 17 tahun 2012 tentang perkoperasian.

Agus Muharram, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, mengemukakan, saat ini telah direkrut sekitar 50 sumber daya manusia (SDM) yang memiliki latarbekalang pendidikan berbeda- beda . Mulai dari ahli menejemen, perkoperasian, sarjana hukum serta ahli ekonomi pembangunan.

”Mereka diseleksi melalui proses ketat,

Categories: Koperasi

10 Mahasiswa Dapat Bantuan Dana Wirausaha

Fri, 03/07/2014 - 16:32

JAKARTA - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah menghibahkan dana  Rp200 jutauntuk sepuluh mahasiswa Universitas Pancasila Jakarta, sebagai modal untuk berwirausaha.

Universitas Pancasila (UP) merupakan salah satu dari 12 perguruan tinggi yang akan mendapatkan dana bergulir sebesar Rp200 juta untuk masing-masing kampus, dengan alokasi anggaran per mahasiswa memperoleh Rp20 juta.

"Dengan program ini diharapkan dapat

Categories: Koperasi

Rusia Bergejolak, Global Entrepreneurship Congress 17-20 Maret Tetap Digelar

Wed, 03/05/2014 - 11:35

JAKARTA - Indonesia akan gali ide-ide terbaru tentang kewirausahaan pada Forum for Innovation Moscow yang merupakan bagian dari acara Global Entrepreneurship Congress 2014 yang berlangsung pada 17-20 Maret 2014 di Moskow, Rusia.

Prakoso Budi Susetio, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan UKM, mengemukakan, sebagai wakil  dari Indonesia, dia akan memaanfatkan momentum  itu bagi kemajuan gerakan kewirausahaan nasional.

”Pertemuan itu merupakan gabungan dari pelaku usaha, pejabat pemerintah, peneliti, dan pakar di bidangnya. Sejumlah 138

Categories: Koperasi

Sjarifuddin Hasan Serahkan Pusat Layanan Usaha Terpadu Ke Pemda Sukabumi

Mon, 03/03/2014 - 13:37

JAKARTA — Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan meresmikan dan menyerahkan gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu kepada Pemerintah Daerah Sukabumi, Jawa Barat  sebagi sarana peningkatan produktivitas Koperasi dan UMKM tau KUMKM.

”Saya ingatkan penggunaan Pusat Layanan Usaha Terpadi (PLUT) ini dioptimalkan untuk meningkatkan produktivitas bisnis KUMKM,” katanya seperti disampaikan bagian publikasi instansi itu kepada Bisnis, Jumat (28/2/2014).

Menurut Sjarifuddin Hasan,

Categories: Koperasi

Inkubator Kewirausahaan 4 Perguruan Tinggi Perkuat UKM

Fri, 02/28/2014 - 09:49

JAKARTA—Rintisan model inkubator bisnis berbasis kewirausahaan yang dikelola empat perguruan tinggi nasional dan telah berhasil memperkuat bisnis pelaku usaha kecil dan menengah sebagai tenant dikembangkan melalui sosialisasi.

Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya KUMK Kementerian Koperasi dan UKM, Meliadi Sembiring, mengatakan pengembangan inkubator bisnis  pada empat perguruan tinggi itu sesuai dengan agenda pemerintah yang dituangkan melalui Peraturan Menteri (Permen).

”Permen itu memberi wewenang kepada setiap lembaga yang berbadan hukum  untuk

Categories: Koperasi

58 Juta UMKM, Diharapkan Ada yang Go International Pada 2018

Fri, 02/28/2014 - 09:37

JAKARTA - Sebanyak 58 juta pelaku usaha mikro, kecil dan menengah Indonesia yang diperkirakan memenuhi angka itu pada 2014, empat tahun ke depan diharapkan ada yang mampu bereinkarnasi menjadi perusahaan go international.

Harapan itu sangat rasional karena didukung operasional Pusat Usaha Layanan Terpadu (PLUT) yang tahun ini sudah mulai beroperasi pada 22 titik di seluruh Indonesia.  Jumlah itu memberi sikap optimisme bagi Kementerian Koperasi dan UKM.

Deputi Bidang Produksi Kementerian Koperasi dan UKM

Categories: Koperasi

User login

(c) 2010 - Koperasiku.com