Beranda

KEMENTERIAN NEGARA KOPERASI DAN UKM

Isi Syndicate
Website Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia
Updated: 22 jam 32 menit lalu

UU KOPERASI Dibatalkan MK, Koperasi di Indonesia Diminta Ubah Anggaran Dasar

Thu, 08/21/2014 - 09:54

YOGYAKARTA - Perubahan anggaran dasar harus dilakukan seluruh koperasi di Indonesia secepatnya.

Hal itu harus dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) yang membatalkan UU Nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian.

"Koperasi-koperasi yang didirikan berdasarkan UU Nomor 17 tahun 2012 tentang Perkoperasian tetap sah secara hukum karena UU ini pernah berlaku sebagai hukum positif namun tetap harus menyesuaikan kembali anggaran dasar dan anggaran rumah tangga sesuai UU Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian dan Peraturan Pelaksananya," kata Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Setyo Heriyanto di Yogyakarta, Rabu (20/8/2014), dalam acara Workshop Pengembangan Koperasi di DIY bertema Koperasi Indonesia Menuju Ekonomi Global.

Categories: Koperasi

Kementerian Koperasi & UKM Gandeng 4 Lembaga Swasta

Mon, 08/11/2014 - 09:45

JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM berkolaborasi dengan empat lembaga swasta untuk memfasilitasi kegiatan pendampingan terhadap pelaku koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah di sentra industri makanan dan minuman serta sayur mayur Jawa Barat. Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Braman Setyo, mengatakan perusahaan yang ikut memfasilitasi bisnis pegiat koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM) itu termasuk PT Carrefour Indonesia. ”Kerja sama dimaksudkan untuk membangun bisnis mereka, sehingga stakeholder atau pemangku kepentingan dilibatkan dalam pendampingan KUMKM pada sentra-sentra makanan, minuman, dan sayur mayur,” katanya kepada Bisnis, Selasa, (5/8/2014).

Categories: Koperasi

Kementerian Koperasi & UKM Gandeng 4 Lembaga Swasta

Thu, 08/07/2014 - 09:38

JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM berkolaborasi dengan empat lembaga swasta untuk memfasilitasi kegiatan pendampingan terhadap pelaku koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah di sentra industri makanan dan minuman serta sayur mayur Jawa Barat.

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Braman Setyo, mengatakan perusahaan yang ikut memfasilitasi bisnis pegiat koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM) itu termasuk PT Carrefour Indonesia.

”Kerja sama dimaksudkan untuk membangun bisnis mereka, sehingga stakeholder atau pemangku kepentingan dilibatkan dalam pendampingan KUMKM pada sentra-sentra makanan, minuman, dan sayur mayur,” katanya kepada Bisnis, Selasa, (5/8/2014).

Categories: Koperasi

INDUSTRI KREATIF: Pemerintah Dukung Lembaga Inkubator Perkuat UKM

Mon, 07/21/2014 - 11:59

JAKARTA— Pemerintah merekomendasi 14 sektor industri kreatif yang bisa dikembangkan berbagai lembaga inkubator bisnis khusus di bidang Information and Communications Technology atau ICT yang melibatkan pelaku usaha kecil dan menengah.

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Braman Setyo mengungkapkan 14 sektor industri kreatif yang didorong dikembangkan lembaga inkubator bisnis, karena potensi mendatangkan devisa sangat besar.

Categories: Koperasi

Harkopnas Akan Digelar 15 Juli di Medan

Tue, 07/08/2014 - 09:32

JAKARTA—Hari Koperasi Nasional  2014 akhirnya akan dilaksanakan pada 15 Juli hasil dari pertemuan Kementerian Koperasi dan UKM bersama petinggi Dewan Koperasi Indonesia di Gedung SME Tower, Jakarta Selatan, Jumat (4/07/2014).

Keputusan itu sekaligus mengubah rencana pelaksanaan sebelumnya yang diagendakan pada 6 Juli karena terlalu dekat dengan agenda Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 9 Juli. Kekhawatirannya adalah panitia lokal kurang siap.

Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) setiap tahun dilaksanakan pada 12 Juli. Namun pada Harkopnas ke-67 terkendala dengan pelaksanaan Pilpres sehingga jadualnya dimundur. Kota penyelenggara tetap, yakni Medan, Sumatera Utara.

Categories: Koperasi

Harkopnas Akan Digelar 16 Juli di Medan

Tue, 07/08/2014 - 09:32

JAKARTA—Hari Koperasi Nasional  2014 akhirnya akan dilaksanakan pada 16 Juli hasil dari pertemuan Kementerian Koperasi dan UKM bersama petinggi Dewan Koperasi Indonesia di Gedung SME Tower, Jakarta Selatan, Jumat (4/07/2014).

Keputusan itu sekaligus mengubah rencana pelaksanaan sebelumnya yang diagendakan pada 6 Juli karena terlalu dekat dengan agenda Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 9 Juli. Kekhawatirannya adalah panitia lokal kurang siap.

Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) setiap tahun dilaksanakan pada

Categories: Koperasi

Membangun Budaya Koperasi

Mon, 07/07/2014 - 10:24

Akhir minggu ini, kita akan memperingati Hari Koperasi, 12 Juli 2014. Ironisnya, beberapa hari lalu, UU Koperasi justru dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Oleh karena itu, Kementerian Koperasi dan masyarakat koperasi sibuk menyusun rancangan undang-undang (RUU) baru yang akan mengarahkan dan melindungi gerakan koperasi di seluruh Indonesia. Gerakan koperasi, selain memerlukan aturan yang menggariskan struktur dan mekanisme ekonomi koperasi juga memerlukan jiwa, budaya dan semangat kerja sama gotong-royong. Inilah yang kemudian dirumuskan dalam aturan-aturan hukum yang memberi arah dan dinamika gerakan koperasi untuk sebesar-besarnya bagi kesejahteraan sebanyak mungkin rakyat yang bekerja cerdas dan keras dengan penuh kepedulian.

Membangun jiwa, budaya dan semangat koperasi dalam suasana persaingan untuk menjadi paling unggul bukanlah merupakan hal yang mudah. Secara naluri-ah setiap orang ingin menjadi yang paling unggul, paling nomor satu dan kalau mungkin menjadi satu-satunya yang ditempatkan di barisan paling depan. Apabila diambil secara sederhana setiap orang ingin menjadi Superman, jarang yang mengusahakan kehadiran suatu super tim yang membuat semua anggota mem-punyai jiwa kebersamaan dan berjuang untuk kemenangan seluruh tim secara keseluruhan.

Categories: Koperasi

Optimalkan Dana KUR, Kemenkop Sosialisasi ke-34 Provinsi

Mon, 06/30/2014 - 09:12

JAKARTA—Pemerintah terus melaksanakan  sosialisasi program kredit usaha rakyat yang telah menjangkau 14 provinsi bagi permodalan pelaku koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah yang sampai awal Juni 2014 telah tersalur sebesar Rp14,9 triliun.

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Braman Setyo, mengatakan sosialisasi dilakukan agar pembiayaan ke usaha sektor riil bisa semakin optimal. Apalagi jika sudah menyentuh ke-34 provinsi.

Sosialisasi secara bertahap akan terus dilanjutkan ke

Categories: Koperasi

Gemaskop: Pemerintah Dorong Minat Masyarakat Berkoperasi

Tue, 06/10/2014 - 09:50

JAKARTA -- Pemerintah menilai kesadaran masyarakat untuk berkoperasi masih kurang sehingga perlu menggalakkan sosialisasi betapa pentingnya koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya mereka di pelosok perdesaan.

Terutama masyarakat yang biasanya mengalami kesulitan mengakses permodalan ke sumber pembiayaan lembaga perbankan.

Untuk itu, pemerintah setiap tahun melaksanakan gerakan masyarakat sadar koperasi (Gemaskop)

Categories: Koperasi

LPDB Gelar Temu Mitra di Bandung

Thu, 06/05/2014 - 10:26

JAKARTA — Lembaga Pengeola Dana Bergulir adakan temu mitra pada 5-6 Juni 2014 di Bandung, Jawa Barat dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelaku koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah melalui pembiayaan atau permodalan.

Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB)  Kemas Danial, mengemukakan temu mitra regional wajib diadakan setiap semester untuk mengetahui kelemahan-kelemahan pelayanan kepada pegiat koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM).

”KUMKM sebagai debitor kami, akan mengikuti sharing session pada momentum itu.

Categories: Koperasi

Kementerian KUMKM Dorong Permodalan Usaha Mikro

Tue, 06/03/2014 - 09:34

BANDUNG--Sepanjang 2014 ini, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM berkomitmen terus menggelar sejumlah program strategis untuk mendorong peningkatan jumlah dan kualitas KUMKM diantaranya, bantuan perkuatan permodalan bagi usaha mikro.

Asisten Deputi Urusan Asuransi dan Jasa Keuangan Kementerian Koperasi dan UKM Toto Sugiyono mengungkapkan untuk mengembangkan sekitar 56 juta UMKM di Indonesia,  dibutuhkan pembiayaan sebesar Rp 400,692 triliun.

Sementara itu, berdasarkan data Kementerian KUKM,

Categories: Koperasi

Kemenkop UKM Bantu Bangun Pembangkit Listrik Mikro Hidro di Daerah Tertinggal

Mon, 05/19/2014 - 10:38

JAKARTA—Kementerian Koperasi dan UKM fasilitasi pendirian pembangkit listrik tenaga mikro hidro di daerah-daerah terisolir atau tertinggal di bawah koordinasi koperasi untuk menggerakkan perekonomian lokal melalui usaha mikro dan kecil.

I Wayan Dipta, Deputi Bidang Produksi Kementerian Koperasi dan UKM, menegaskan tampilnya koperasi menjadi penyedia jasa listrik di daerah tertinggal karena rasio elektrifikasi di daerah-daerah itu masih terbatas.

Pengembangan program pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) kini dilakukan di

Categories: Koperasi

Produk Unggulan UKM Indonesia Dipromosikan di Hong Kong

Fri, 05/16/2014 - 10:53

JAKARTA — Kementerian Koperasi dan UKM membuka era baru melalui metoda promosi serta pemasaran produk unggulan pelaku koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah secara permanen di salah satu negara gerbang bisnis Asia, yakni Hong Kong.

Emilia Suhaimi, Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, mengemukakan Indonesia telah menandatangani naskah kesepahaman kerja sama atau MoU dengan Hong Kong Trade Development Centre (HKTDC).

”Penandatangan antara Kementerian Koperasi dan UKM dengan HKTDC

Categories: Koperasi

User login

(c) 2010 - Koperasiku.com